Selasa, 27 Mei 2014

SUKSES



Apa itu sukses? 

Sukses menurut bunda adalah menutup mata dengan khusnul khotimah dan masuk dalam surga Allah
Tapi bagaimana mencapainya?

Pertama sekali :

Hiduplah dengan tujuan meninggalkan 3 hal : ilmu yang bermanfaat, anak yang saleh,, dan amal jariah

Ketika kita sudah punya tujuan maka langkah selanjutnya adalah menjabarkan tujuan besar kita menjadi tujuan kecil-kecil yang bisa kita capai, misalnya :

Ilmu yang bermanfaat :

  • Banyak membaca dan mengikuti kajian ilmu
  •  Menyebarkan ilmu yang didapat dengan mengajarkan kepada anak-anak kita, mengajarkan pada orang lain, pasien-pasien kita, mengajarkan secara kelembagaan di uniersitas, akademi, maupun mengajarkan secara informal melalui blog, facebook, segala macam jenis media
  •  Siap menerima kritik dan cemooh orang tapi tetap berusaha menyebarkan ilmu yang kita dapat. Jangan selalu berharap bahwa kita akan mendapat penghargaan dan rasa terimakasih, karena kita tidak bisa membahagiakan semua orang. Tetap fokus, bersihkan niat dan perbanyak istigfar.
  •  Berhati hati memilih sumber ilmu dan menyebarkannya. Jangan mengikuti apa yang kita tidak mempunyai pengetahuan atasnya, karena sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati akan dimintai pertanggungjawabannya.

Anak yang saleh :

  •  Selalu luangkan waktu yang berkualitas dengan anak. Dengarkan anak, arahkan anak, sisihkan satu jam setiap waktu untuk bercerita, mendongeng,mengajarkan anak
  • Arahkan anak dengan baik dan selalu mendoakan anak di setiap usai shalat. Mohonkan pada Allah yang terbaik untuk anak kita, dan pasrahkan. Pasrahkan pada Allah segala usaha kita, karena walaupun kita memberikan emas segunung, tak akan bisa merubah hati seseorang kecuali Allah yang merubahnya. Anak seorang pemahat berhala menjadi Nabi Ibrahim, bapak segala Nabi, sedangkan anak Nabi Nuh yang kesabarannya luar biasa, tetap tidak mau diselamatkan dan menyembah Allah. Maka kuncinya adalah ikhtiar semaksimal mungkin, berdoalah kepada Allah sebanyak banyaknya, dan pasrahkan. Serahkan semuanya pada Allah.
  •  Berikan makanan yang halal pada anak. Jangan ragu, pilihlah harta hanya berdasarkan 2 hal  halal atau haram. Kalau dia haram meskipun jumlahnya cukup untuk membeli rumah dan mobil sekaligus jangan ragu, lemparkan ke belakang, tidak akan membawa keberkahan dan kenikmatan di hati. Yakinlah akan hal itu. Pastikan ayam yang kita beli disembelih dengan menyebut nama Allah. Pastikan uang yang kita belanjakan berasal dari keringat kita tanpa menzalimi orang lain.

Amal Jariah
  • Perbanyaklah mencari rezeki halal dengan niat menabung amal jariah sebanyak banyaknya
  • Bercita-cita lah mempunyai tanah yang bisa diwakafkan untuk masjid, uang dan networking yang bisa membantu kita mewujudkan panti asuhan yang berkualitas, taman pendidikan AlQuran
  • Bercita citalah meninggalkan dunia dengan amal baik atau penemuan yang bisa membawa pada kebaikan yang terus mengalirkan pahala, dan berdoalah pada Allah jangan sampai kita meninggalkan keburukan yang terus mengalir ke dalam kubur kita . 
Maka setelah kita mempunyai definisi sukses, kita tinggal mengikuti langkah- langkah yang kita jabarkan sambil memohon pertolongan Allah.

langkah pertama bunda? sekolah lagi untuk bisa menyebarkan ilmu yang bermanfaat, meluangkan lebih banyak waktu untuk anak, dan terus mencari rezeki yang halal

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar